Home / Pendidikan / Wali Kota Kupang Putuskan UN Ditunda

Wali Kota Kupang Putuskan UN Ditunda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Jonas Salean

Jonas Salean

NTTTERKINI.COM, Kupang – Wali Kota Kupang, Yonas Salean memutuskan menunda lagi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di daerah tersebut, menyusul kurangnya soal Ujian Nasional (UN) bagi sejumlah sekolah di daerah itu.

“Saya putuskan UN ditunda lagi, sampai soal UN lengkap baru dilaksanakan UN di Kupang,” kata Wali Kota Kupang, Yonas Salean di sela-sela sortiran soal UN di Kupang, Rabu, 17 April 2013 malam.

Keputusan itu diambil Wali Kota, setelah dilakukan penyortiran ternyata soal UN yang akan diuji masih kurang untuk sejumlah sekolah di Kota Kupang. Seperti SMA Giovani, SMA Mercusuar, SMAN 1 dan SMAN 2. Di sekolah-sekolah itu hanya dikirim soal Bahasa Jerman untuk kelas bahasa.

Baca Juga :  Jonas Salean Beri Penguatan bagi RT/RW se-Kota Kupang

Wali Kota yang tampak geram meminta UN di tunda lagi hingga pemerintah pusat melengkapi kekurangan soal UN. Dia menilai sistem pencetakan soal UN yang terpusat ini sangat melecehkan sistem otonomi daerah (Otda) yang telah dijalankan, dan terbukti menciptakan efek berantai yang merugikan banyak orang. “Kami merasa tidak dihargai lagi oleh pemerintah pusat. Ini akibatnya,” kata Yonas.

Sementara itu, sejumlah kepala sekolah di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Majelis Kerja Kepala Sekolah (MKKS) menolak pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Kamis, 18 April 2013, karena kekurangan soal UN. “Kami minta agar Mendikbud kembali menunda pelaksanaan UN di Kota Kupang,” Ketua MKKS Kota Kupang, Bapa Muda.

Baca Juga :  Sumba Timur Siswa Terbanyak Tidak Lulus UN SMP

Dia juga menyesalkan sikap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) NTT yang memilih mengikuti pelantikan Sekda Ende. Padahal, naskah UN masih menjadi persoalan. “Saya heran koq kepala dinas pilih ikut pelantikan Sekda ketimbang urus naskah UN,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]