Home / Kesehatan / Wali Kota Minta Lubang Buangan Sampah RS Ditutup

Wali Kota Minta Lubang Buangan Sampah RS Ditutup

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Jefri Riwu Kore

Jefri Riwu Kore

NTTTERKINI.COM, Kupang – Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jefri Riwu Kore meminta lubang yang diduga dijadikan tempat pembuangan limbah rumah rumah sakit (RS) S.K Lerik ditutup, karena limbah yang ditemukan adalah limbah RS yang lama.

“Saya sudah lihat langsung di lokasi, ternyata memang itu sampah lama, dan lubang tersebut harus segera ditutup,” kata Wali kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Jumat, 5 Januari 2018.

Menurut dia, RS Kota memang telah memiliki mesin incinerator untuk proses pembakaran limbah padat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk limbah cair, namun tidak sesuai standar, karena tabung incinerator seharusnya sedalam 14 meter, namun
yang ada hanya 7 meter, serta tempat penampungan sampah medis yang tidak teratur dan tertata rapi dan masih bersifat darurat.

Baca Juga :  Kota Kupang Target 43 Ribu Bayi Ikut Pin Polio

“Memang belum ada ijin dari kementrian lingkungan hidup, karena tempat penampungan sampah tidak memadai,” katanya.

Direktur Umum Rumah Sakit S.K Lerik Kota Kupang, Marsiana Halek mengatakan limbah medis yang di temukan di halaman RS tersebut merupakan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Limbah yang ada di situ adalah limbah lama dan siapa pelakunya masih di telusuri yang jelas bukan manajemen RS yang telah membuang limbah itu,” kata Dirut RS Kota Kupang, Marsiana Halek.

Pola pembuangan sampah di RS tersebut telah mengikuti Standar Operasional (SOP) yakni dari pemilahan sampah sejak dari ruangan hingga lokasi pembakaran sampah sudah melalui proses standar.

”Kami sudah melakukan sesuai SOP, prosedurnya jelas, dan tidak ada instruksi pembuangan sampah ke tempat tersebut,” tambah Marsiana.

Baca Juga :  Ibu Bupati Kupang Bagi-bagi Kondom

Dia berharap kepolisian dapat mengungkapkan oknum yang tidak bertanggung jawab yang telah membuang sampah di area tersebut. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]