Home / Ekbis / Warga Fatukanutu Keluhkan Jalan Rusak

Warga Fatukanutu Keluhkan Jalan Rusak

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Setya Novanto saat menyerahkan bantuan bibit padi kepada warga Tuatuka, Kab Kupang

Setya Novanto saat menyerahkan bantuan bibit padi kepada warga Fatukanutu, Kab Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Warga Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan kondisi jalan di daerah itu sepanjang 40 kilometer (km) yang rusak parah.

Masalah itu diungkapkan tokoh masyarakat Desa Fatukanutu, Melkias Babys saat kunjungan anggota DPR RI Setya Novanto ke desa tersebut, Kamis, 28 November 2013. “Kalau bisa bapak membantu kami untuk memperbaiki jalan kami yang rusak parah,” pintanya.

Jalan provinsi sepanjang 40 kilometer (km) dari Kelurahan Oesao hingga Desa Fatukanutu ini menutup akses petani di desa tersebut untuk menjual hasil bumi mereka ke pasar. “Kami terpaksa menjual hasil bumi kami dengan harga murah, karena kondisi jalan yang rusak,” katanya.

Menjawab keluhan warga itu, Ketua Fraksi Golkar DPR RI itu berjanji akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT untuk memperbaiki jalan rusak di wilayah itu. “Saya akan hubungi Kadis PU untuk memperhatikan jalan di daerah ini,” katanya.

Baca Juga :  Pengusaha Berpenghasilan Rp4,8 Miliar Wajib Gunakan E-Faktur

Menurut dia, dirinya juga telah berjuang untuk membantu masyarakat desa di daratan Timor, Sumba, Rote dan Sabu dengan memberikan bantuan perbaikan infrastruktur melalui program pembangunan infrastruktur pedesaan (PPIP) sebesar Rp250 juta per desa.

Desa Fatukanutu telah menerima dana PPIP itu tahun 2011 lalu. Untuk Timor, Sumba, Rote dan Sabu, diakuinya telah disalurkan kepada 183 desa. “Program ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa, termasuk masalah jalan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Setya Novanto juga memberikan bantuan bibit padi bagi petani di desa tersebut menyongsong musim tanam tahun 2013-2014. Dia mengaku menyiapkan sebanyak 50 ron bibit padi yang akan dibagikan kepada masayarakat di empat daratan tersebut lengkap dengan 50 ton pupuk. “Kami sudah siapkan 100 ton pupuk dan bibit padi untuk petani,” katanya.

Baca Juga :  Jelang Kenaikan, Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Bantuan lain yang disiapkan, antara lain anggaran untuk desa sebesar Rp 1 miliar per desa yang bisa digunakan pembangunan desa. Program agrobisnis untuk kelompok tani sebesar Rp100 juta. “Kami sudah menjaring 40 kelompok tani yang akan menerima dana tersebut,” katanya.

Masih untuk sektor pertanian, Setya Novanto mengatakan telah menyiapkan 30 handtraktor, dan 20 pompa air. Sedangkan untuk petambak garam, tambah Novanto, dirinya akan membantu dana Rp20 juta untuk pengembangan tambak garam di daerah wilayah pesisir. “Semua bantuan ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat di daerah ini,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]