Home / Sosbud / Warga Kota Kupang Keluhkan Lambannya Pengurusan KTP

Warga Kota Kupang Keluhkan Lambannya Pengurusan KTP

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Warga Kelurahan Fatululi, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan lambannya pengurusan Kartu Tanda Penduduk eletronik (e-KTP) di Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang. Pasalnya pengurusan e-KTP bisa memakan waktu yang berbulan- bulan.

“Kalau pejabat atau kenalan pejabat pasti cepat urusnya, tapi kalau masyarakt umum akan sangat lamban dengan berbagai alasan,” kata Rius Umbu Yiwa, warga Fatululi saat reses anggota DPRD Kota Kupang, Desiderius Patiwua ke kelurahan belum lama ini.

Menurut dia, saat pengurusan e-KTP mulai dari perekaman hingga pencetakan pasti akan banyak alasan dari petugas bahwa mesin perekaman rusak atau blangko habis. “Ini alasan- alasan klasik yang sering kami dengar, jika hendak mengurus e-KTP,” katanya.

Baca Juga :  Kota Kupang Diterjang ROB, Ratusan Jiwa Mengungsi

Namun dia mencontohkan jika keluarga atau pejabat yang mengurus KTP hanya membutuhkan waktu selama 10 menit. “Tidak adil, kalau pejabat cepat, tapi masyarakat lamban,” tegasnya.

Mendapat pernyataan itu, Anggota DPRD Kota Kupang Desiderius Patiwua mengatakan pihaknya telah meminta penjelasan dari Dispendukcapil terkait masalah itu, dan dikatakan bahwa mesin perekam e-KTP mengalami overload, sehingga harus dihapus data yang tidak penting lagi.

“Mesin itu telah dibawa ke Jakarta untuk menghapus data- data yang tidak penting, sehingga bisa dimanfaatkan lagi untuk perekaman,” ujarnya.

Terkait dengan keluarga pejabat yang mendapat keistimewaan, Dedi mengaku tidak mengetahuinya dana alasan apa. Namun dia menduga karena mitra dengan pemerintah, sehingga urusannya dipermudah. “Mungkin karena mitra, sehingga urusannya dipercepat,” ujarnya.

Baca Juga :  Masa Berlaku e-KTP Seumur Hidup

Selain masalah e-KTP, warga Fatululi juga mengeluahkan masalah jalan yang rusak, pipa air PDAM yang dipasang, namun tidak ada air serta lampu jalan. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]