WN Timor Leste dari Wuhan Akan Dikarantina di RSJ Naimata

0
1085

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyiapkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata sebagai tempat Karantina warga Timor Leste dari Wuhan, Cina. 
“Telah disepakati, warga Timor Leste akan ditempatkan di RS Jiwa Naimata sebagai tempat Karantina warga Timor Leste itu,” kata Kepala Biro Humas Setda NTT, Marius Jelamu, Kamis, 6 Februari 2020.

Pemerintah NTT, menurut dia, siap menampung 17 warga Timor Leste dari Wuhan, Cina. Setelah Pemerintah Bali menolak menampung warga Timor Leste itu. “Demi alasan kemanusiaan, NTT siap menerima warga Timor Leste dari Wuhan, Cina,” katanya. 
Namun, menurut dia, hal itu masih sebatas wqcana, karena menunggu perintah langsung dari Presiden, Joko Widodo. “Hal ini dilakukan, jika ada perintah langsung dari Presiden kepada pemerintah provinsi NTT, karena sudah mendapatkan penolakan dari Pemerintah provinsi Bali,” katanya.
Dia mengaku pihaknya masih melakukan persiapan sesuai Standar Operasi penanganan Virus Corona. 
Ketua Komisi V DPRD NTT, Yunus Takandewa mengatakan jika NTT ditunjuk sebagai salah satu lokasi karantina warga dari Wuhan, Cina, maka penanganannya juga harus khusus, karena soal deteksi dini dan penanganan. 
“Aspek kemanusiaan menjadi penting. Tapi dampaknya sangat cepat, sehingga penangananya secara khsusus,” katanya.
Menurut dia, harus dilakukan sterilisasi secara serius, terutama RS yang ditunjuk, maka harus dilengkapi dengan alat yang memadai. “Harus sesuai stansar WHO, jangan hanya tunjuk, tapi siapkan peralatan yang cukup,” katanya.
Pihaknya mendukung wacana itu, tapi diakuinya mereka belum mendapat pemberitahuan resmi dari Pemerintah NTT. “Kami dukung, tapi harus belajar dari Natuna,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?