WNA Aljazair Nekat Berenang Menuju Australia, Diselamatkan Nelayan Malaka

0
679

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Malaka — Sekelompok Nelayan asal Desa Kletek, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia menyelamatakan seorang warga negara Aljazair di perairan daerah tersebut, Minggu pagi (12/01/2020).

Warga Negara Asing tersebut diketahui bernama Abdul Rahman, berusia 31 Tahun, warga negara Aljazair.

Seperti yang dilansir pelopor9.com, ketika ditemui di Ruang Perawatan Rumah Sakit Umum Penyanggah Perbatasan (RSUPP) Betun, Minggu sore (12/01/2020), Abdul Rahman mengaku, dirinya masuk ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai Bali pada tanggal 12 Desember 2019, melalui penerbangan Kuala Lumpur – Denpasar.

“Selama di Indonesia, saya sudah keliling ke beberapa tempat, seperti beberapa destinasi wisata di Pulau Dewata, Bali, Gili Trawangan di NTB, Labuan Bajo, lalu jalan darat sambil melancong di Ruteng, Bajawa, Ende, kemudian ke Kupang”, ungkapnya.

Tanggal 30 Desember 2019, Abdul Rahman melanjutkan perjalanan ke Dili via Bandara El Tari Kupang dengan Maskapai Trans Nusa.

“Setelah beberapa hari di Dili, datangi Kedubes Australia di sana untuk aply Visa ke Australia. Tetapi tiket penerbangan Dili – Darwin mahal sekali bagi saya. Saya harus keluarkan 350 Dolar Amerika. Padahal di kantong saya hanya ada 50 Dolar.

Saya kemudian mendengar nama sebuah kota, yaitu Suai. Orang berceritera bahwa Suai itu daerah pantai yang menghadap langsung ke Australia. Saya lalu putuskan untuk berenang ke Australia. Saya tahu itu konyol, tetapi saya pikir, saya tidak punya pilihan lain”, ungkap Abdul Rahman.

Hari Jumat pagi (10/01/2020), Abdul Rahman mulai perjalanannya dari Suai, Timor Leste dengan tujuan Australia melalui Laut Timor dengan cara berenang.

Hari Minggu dini hari (12/01/2020), Abdul Rahman yang sudah dalam kondisi lemas setelah 2 hari berenang ditemukan nelayan asal Kletek, yang kemudian menyelamatkannya dan membawanya ke RSUPP Betun.

Terkait tujuannya ke Australia, Abdul Rahman Mengaku, dirinya ingin mencari kerja di sana karena mendengar bahwa di Australia, penghasilan lebih bagus dari negaranya.

Hingga berita ini diturunkan, Abdul Rahman masih menjalankan perawatan di RSUPP Betun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Infornasi yang diperoleh dari RSUPP Betun, Pihak Imigrasi telah datang melihat kondisi Abdul Rahman dan akan kembali lagi besok, Senin (13/01/2020). Sementara, pihak Kepolisian Resor Malaka belum berhasil dikonfirmasi Nusantara9.com. (*/p9)

Komentar ANDA?