Home / Sosbud / Yovita Mitak: Perempuan Jangan Hanya Bergosip

Yovita Mitak: Perempuan Jangan Hanya Bergosip

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Seminar perempuan yang di gelar Seknas Jokowi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Tokoh perempuan Nusa Tenggara Timur (NTT) Yovita Mitak mengajak seluruh perempuan di daerah itu agar siap menjadi pemimpin dan terlibat dalam pembangunan di daerah ini. 
 
“Perempuan jangan hanya dikenal tukang gosip, karena perempuan merupakan aset pembangunan,” kata Yovita saat seminar nasional dengan tema “Dilema perempuan dalam pusaran demokrasi” yang digelar Seknas Jokowi, Sabtu, 3 Maret 2018.

Menurut dia,  jumlah penduduk di NTT sebanyak 5 juta lebih,  dan perempuan mencapai 2,6 juta,  dibanding laki-laki hanya 2,5 juta.  Karena itu,  perempuan harus siap menjadi pemimpin atau pengambil kebijakan.
 
 “Perempuan harus menjadi aset pembangunan, bukan beban pembangunan, sehingga perempuan ikut tentukan pembangunan,” ujarnya. 
 
Menjadi pemimpin,  kata dia,  perempuan tidak harus mendapatkan jabatan. Tanpa jabatan perempuan juga bisa terlibat dalam pembangunan di daerah ini. 
 
Karena itu,  dia mengajak perempuan untuk menyiapkan diri secara baik,  sebelum menjadi seorang pemimpin atau penentu kebijakan, sepeti kompetensi,  percaya diri,  jujur, sosial dan kepekaan dengan orang lain. “Kerjasama adalah kunci sukses bagi perempuan,” katanya.

Dia mencontohkan,  keterlibatan perempuan di DPRD,  DPR,  DPD dan DPRD Kabupaten/ kota. “Sudah banyak perempuan yang terlibat di politik, dan menjadi anggota DPR,” katanya.

Baca Juga :  Hati-hati Penipuan Berkedok Kecelakaan Anak

Anggota DPRD NTT,  Aleta Baun mengatakan semakin banyak perempuan di DPRD,  maka makin banyak masalah soal perempuan yang akan teratasi. “Perempuan sebenarnya mampu menjadi apa saja,  tapi masih malu-malu,” katanya.

Selama ini, kata dia, perempuan dianggap sebagai nomor dua atau alas sepatu. Padahal perempuan punya kemampuan untuk menjadi pemimpin.

Dosen fisip undana, Balkis Soraya mempertanyakan perempuan untuk terjun di dunia  politik.  “Apakah perempuan sudah siap berpoltik. Padahal perempuan punya hak berpolitik,” ujarnya.

Seminar yang digelar Seknas Jokowi NTT itu diikuti sekitar seribu peserta dari kalangan mahasiswa,  akademisi dan lainnya.  (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]