Home / Hiburan / Zat Narkoba Raffi Untuk Perangsang Kuda

Zat Narkoba Raffi Untuk Perangsang Kuda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Raffi Ahmad

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kasus dugaan penggunaan narkoba yang dialami oleh selebritis Raffi Ahmad beserta 16 orang lain di rumahnya kini memasuki babak baru. Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkapkan bahwa Raffi positif memakai zat tersebut melalui uji urine dan rambut.

Menurut Kepala Laboratorium BNN, Kuswardani, Raffi Ahmad dan pengguna lainnya mendapat hasil positif dalam sampel karena ditemukan zat stimulan yang terbentuk dari turunan katinon atau mekatinon. Zat tersebut diduga terdapat dalam kapsul MDMA yang ditemukan juga di rumah Raffi.

Lantas apa sebenarnya katinon serta mekatinon tersebut? Kepala Laboratorium Kimia Universitas Indonesia, Sunardi mengatakan bahwa kedua zat tersebut merupakan zat adiktif yang biasa digunakan pada hewan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, “Biasanya itu dipakai untuk kuda atau sapi. Gunanya ya untuk meningkatkan gairah seks. Kalau untuk manusia juga memiliki efek yang sama. Terutama untuk menghilangkan rasa capek setelah aktivitas berat, ” jelasnya Selasa (29/1) seperti dilansir tempo.co.

Baca Juga :  Presiden: Roy Suryo, Menpora Baru

Dari berbagai sumber, zat katinon berasal dari tanaman Catha edulis yang tumbuh di kawasan Azerbaijan. Zat tersebut jika diolah bisa menjadi campuran ekstasi. Tanaman ini sempat dilegalkan di Senegal dan Selandia Baru. Uniknya di Israel, tanaman yang disebut khat ini dibuat jus dan dijual legal di kota Yerussalem dan Tel Aviv.

Bedanya di Indonesia, peredaran senyawa tersebut belum dikategorikan sebagai narkotika karena sampai sekarang masih dipergunakan untuk kepentingan hewan. Akibatnya cenderung pemakai narkoba beralih memakai zat ini karena belum terdaftar di undang-undang narkoba Indonesia yang populer mengenal amphetamine. (kpl/tmp/aia)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]